Nama : Naily Khairiya
NRP : 5025201244
Kelas : PBB - I
Selamat datang di blog Memulai Pemrograman Android dengan Kotlin ini! Dalam artikel ini, akan dibahas langkah-langkah awal untuk memulai perjalanan dalam pemrograman Android. Mari kita mulai dengan langkah-langkah mengunduh dan menginstal alat yang diperlukan, serta memulai proyek pertama Anda.
Langkah 1: Persiapan Awal
Sebelum memulai perjalanan dalam pemrograman Android, pastikan telah menyiapkan beberapa hal. Pastikan memiliki koneksi internet yang stabil dan komputer yang dapat menjalankan Android Studio, alat pengembangan resmi untuk Android. Selain itu, pengetahuan dasar tentang pemrograman akan sangat membantu meskipun tidak wajib.
Langkah 2: Mengunduh Android Studio
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh
Android Studio ke komputer. Android Studio merupakan alat pengembangan
yang kuat yang menyediakan lingkungan terpadu untuk mengembangkan aplikasi
Android. Android Studio dapat diunduh secara gratis dari situs web resminya di
https://developer.android.com/studio. Ikuti panduan instalasi yang disediakan
untuk sistem operasi yang digunakan.
Langkah 3: Memulai Proyek Pertama
Setelah berhasil menginstal Android Studio, saatnya
untuk memulai proyek pertama. Buka Android Studio dan ikuti
langkah-langkah untuk membuat proyek baru. Pertama-tama akan diminta untuk memberikan
nama proyek, memilih jenis perangkat yang akan ditargetkan, dan memilih
versi Android yang akan digunakan atau Android Studio juga menyediakan template yang dapat membantu untuk memulai.
Langkah 4: Belajar dan Eksplorasi
Sekarang kita telah memiliki proyek pertama dalam
Android Studio, mulailah belajar dan bereksperimen. Berikut adalah contoh eksperimen yang dapat dilakukan.
1️⃣ Menambahkan parameter pada greetings
Pada fungsi Greeting:
- Tambahkan dua parameter baru: name yang mewakili nama pengguna dan nrp.
- Ubah teks pesan untuk mencakup nama pengguna dan NRP dalam kalimat salam.
Pada MainActivity:
- Saat memanggil fungsi Greeting, berikan nilai untuk semua parameter yang diperlukan, yaitu platform (dalam hal ini "Android"), name, dan nrp.
Untuk menambahkan latar belakang pada Surface dalam UI Compose, dapat menggunakan parameter background dari komponen Surface.
- text: Ini adalah teks yang akan ditampilkan. Teks ini berisi variabel yang diambil dari argumen fungsi Greeting, seperti $name, $platform, dan $nrp. Variabel-variabel ini akan diganti dengan nilai yang sesuai saat fungsi dipanggil.
- modifier: Modifier digunakan untuk mengatur tata letak dan perilaku dari elemen UI. Dalam contoh ini, modifier digunakan untuk menerapkan penyesuaian yang diberikan pada teks, seperti padding atau layout.
- style: Ini adalah gaya teks yang akan diterapkan. Dalam contoh ini, gaya teks didefinisikan menggunakan TextStyle. Beberapa penyesuaian gaya yang diterapkan termasuk:
- fontSize: Ukuran font teks diatur menjadi 30.sp.
- fontWeight: Bobot font teks diatur menjadi normal (FontWeight.Normal).
- color: Warna teks diatur menjadi merah (Color.Red).
- fontFamily: Font yang digunakan adalah sans-serif (FontFamily.SansSerif).
- textAlign: Teks diatur untuk berada di tengah (TextAlign.Center).
- modifier: Modifier digunakan untuk mengatur tata letak dan perilaku dari elemen UI. Dalam kasus ini, modifier.padding(40.dp) digunakan untuk memberikan jarak antara batas-batas konten dan tepi Box.
- contentAlignment: Parameter ini menentukan cara menata elemen-elemen di dalam Box. Dalam contoh ini, Alignment.Center digunakan, yang berarti elemen-elemen diatur secara horizontal dan vertikal di tengah Box.
- color: Parameter ini menentukan warna latar belakang dari Surface. Di sini, warna yang dipilih adalah putih (Color.White).
🧑💻 Berikut merupakan kode lengkap ❗❗❗
package com.example.helloworld | |
import android.os.Bundle | |
import androidx.activity.ComponentActivity | |
import androidx.activity.compose.setContent | |
import androidx.compose.foundation.layout.Box | |
import androidx.compose.foundation.layout.fillMaxSize | |
import androidx.compose.foundation.layout.padding | |
import androidx.compose.material3.MaterialTheme | |
import androidx.compose.material3.Surface | |
import androidx.compose.material3.Text | |
import androidx.compose.runtime.Composable | |
import androidx.compose.ui.Alignment | |
import androidx.compose.ui.Modifier | |
import androidx.compose.ui.graphics.Color | |
import androidx.compose.ui.text.TextStyle | |
import androidx.compose.ui.text.font.FontFamily | |
import androidx.compose.ui.text.font.FontWeight | |
import androidx.compose.ui.text.style.TextAlign | |
import androidx.compose.ui.tooling.preview.Preview | |
import androidx.compose.ui.unit.dp | |
import androidx.compose.ui.unit.sp | |
import com.example.helloworld.ui.theme.HelloWorldTheme | |
class MainActivity : ComponentActivity() { | |
override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) { | |
super.onCreate(savedInstanceState) | |
setContent { | |
HelloWorldTheme { | |
// A surface container using the 'background' color from the theme | |
Surface( | |
modifier = Modifier.fillMaxSize(), | |
color = Color.Yellow | |
) { | |
Greeting("Android", "Naily Khairiya", 5025201244) | |
} | |
} | |
} | |
} | |
} | |
@Composable | |
fun Greeting(platform: String, name: String, nrp:Number, modifier: Modifier = Modifier) { | |
Box( | |
modifier = modifier.padding(40.dp), | |
contentAlignment = Alignment.Center | |
){ | |
Surface ( | |
color = Color.White | |
){ | |
Text( | |
text = "Hello $name! Welcome to Your $platform Platform. Your NRP is $nrp", | |
modifier = modifier, | |
style = TextStyle( | |
fontSize = 30.sp, | |
fontWeight = FontWeight.Normal, | |
color = Color.Red, | |
fontFamily = FontFamily.SansSerif, | |
textAlign = TextAlign.Center | |
) | |
) | |
} | |
} | |
} | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar